Pressure Thrust Phenomena @Expansion Joint

PRESSURE THRUST PHENOMENA
Tentunya kita semua tahu bahwasanya untuk menambahkan flexibility pada Piping System salah satunya adalah dengan menambahkan atau memasang expansion joint pada line tersebut. Akan tetapi pemilihan jenis expansion joint yang tidak tepat (misalnya Single Expansion Joint dipasang pada high pressure line dan dekat dengan nozzle equipment) justru akan dapat berdampak buruk pada system terutama Nozzle Equipment karena adanya Force yang besar akibat dari Pressure Thrust. Untuk itu pemilihan Expansion Joint harus disesuaikan dengan kebutuhan apakah ingin mengabsorb gaya lateral atau gaya axial.
Hubungan antara Pressure (p), Force (F) dan Area (A) merupakan rumusan Fisika dasar sebagai berikut :
F (lbs) = p (psig) x A (in2)

Dari persamaan diatas dapat diketahui bahwa Pressure Thrust adalah Force yang diperoleh dari perkalian antara Pressure Internal (p) dengan Effektif Area (A) dari Expansion Joint. Sebenarnya semua pipa atau ducting dengan atau tanpa Expansion Joint memiliki Pressure Thrust yang mana akan bereaksi pada Fix Point (anchor atau equipment nozzle) dari Piping System tersebut. Pada pipa tanpa Expansion Joint Pressure Thrust (F) akan dikonversi menjadi Longitudinal Stress dengan rumusan sebagai berikut :

001

1

2

Ketika sebuah unrestrain Expansion Joint ditambahkan kedalam system pipa, hal tersebut sama halnya dengan memotong pipa karena flexibility yang melekat pada Expansion Join Bellow menyebabkan force tidak tersalurkan ke pipa. Sehingga timbullah Pressure Thrust (F) pada system tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: